Thursday 18 October 2012

Dermatitis atopic-nya Kalyca

Postingan hari ini agak panjang nih. dulu di tulis di notes FB #ngirit ide.


naik ke podium, pasang toa dan mic.mau cerita sebentar ya #lama dikit ding.

Kalyca menderita dermatitis atopic atau eksim (eczema atopic). apa itu eksim? saya baca-baca artikel yang ditemin di google sih begini: Dermatitis Atopik / Eczema Atopic atau hanya disebut eczema / EKSIM, adalah ruam kulit yang timbul pada orang tertentu dengan kulit sensitif dan mudah teriritasi. Umumnya eczema terjadi pada bayi dan anak-anak kecil dan dapat menghilang sebelum masa dewasa.

walaupuun ada juga yang bilang ini menahun: dermatitis atopic adalah peradangan menahun pada lapisan atas kulit yang menyebabkan rasa gatal; seringkali terjadi pada penderita rintisa alergika atau penderita asma (dan alergi lainnya) dan pada orang-orang yang keluarganya ada yang menderitarintisa alergika.

penyebab:

Penyebab pasti nya tidak diketahui tetapi ada kaitannya dengan faktor keturunan. Penyakit ini merupakan suatu cacat kulit warisan yang cenderung berlangsung di dalam suatu keluarga. Eczema tidak menular dan tidak ada kaitan dengan kesehatan anda pada umumnya.
penderita biasanya juga memiliki penyakit alergi lainnya. Alergi-alergi tertentu dapat memperburuk eczema, namun bukan sebagai penyebab eczema.
walau hubungannya masih tidak jelas (antara eksim dan alergi lainnya), beberapa penderita memang memiliki kecenderungan untuk menghasilkan antibodi secara berlebihan untuk merespon rangsangan yang berbeda (dan kecenderungan ini sifatnya diturunkan). Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. maksudnya, misalnya ada anak yang kalau makan jajanan (seperti Taro *maap sebut merk) ga terjadi apa-apa, tetapi bagi anak penderita eksim, makaaa bisa langsung kambuh.

keadaan yang memperburuk atau merangsang eksim:

1. perubahan suhu dan kelembaban udara.
2. infeksi kulit oleh bakteri.
3. kontak dengan pakaian yang bersifat iritan (terutama wol)4. adanya alergi makanan tertentu (dan si anak makan makanan pemicu alerginya, naah kadang eksimnya jadi muncul deh).5. teriritasi oleh bahan kimia, bisa saja ga cocok sabun mandi, sabun cuci, baby oil, hand body, dll. 
5. stres emosional.

ciri-ciri.
berhubung ternyata koleksi foto kalyca pas kena eksim ada di laptop ayah, ya saya bisanya cerita doang ini.

ini ciri-ciri eksimnya kalyca ya, ada juga yang berbeda soalnya.
kulit mbesisik kering (mbesisik = mengelupas), kadang muncul di kelopak mata, nah yang di kelopak mata, kulitnya memerah dan kalau digaruk-garuk kadang membengkak. yang di kaki (belakang lutut malah kulitnya menebal (saat kambuh).
kalau kalyca eksim ini muncul di :
siku lengan kanan kiri, belakang lutut kaki kanan kalyca, leher bagian depan, kadang pipi, dan sekitar mata.

untuk anak atau penderita lain bisa:

berbentuk ruam, berkeropeng yang berwarna merah dan berair. Terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit.
Daerah yang terkena akan terasa sangat kering, menebal atau keropeng. Pada orang kulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan mempengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.


Gejala utama dari timbulnya eksim ringan adalah daerah halus, sedikit memerah kering, bersisik, dapat menimbulkan gatal ataupun tidak, dan biasanya terdapat pada kaki atau lengan.Pada penderita eksim akut, kulit akan mengalami gatal yang intens, biasanya terjadi di bagian depan siku, belakanglutut, dan wajah.

Perawatan untuk kalyca:

diberi salep dari dr kulit di Salatiga (saya indikasi sepertinya salep kortikosteroid), saya menghindari yang diminumkan, karena ada berita (walau ini sih yang dijual bebas lo ya): OBAT alergi dengan kandungan kortikosteroid yg kini banyak dijual bebas di toko-toko obat dan apotek, sangat berbahaya untuk wanita hamil. Obat ini bisa menyebabkan bayi lahir dg cacat sumbing di celah langit-langit dan bibir. Obat jerawat yg penggunaannya berlebihan pd wanita hamil jg bisa menyebabkan bayi cacat bawaan, termasuk cacat celah langit-langit. Dr. Sultana M.H. dari Universitas Diponegoro mengutarakan, obat dg kandungan kortikosteroid itu banyak digunakan sbg obat antiradang. Obat ini sering digunakan secara bebas dan terus-menerus oleh penderita alergi, bahkan kadang-kadang disalahgunakan sbg obat penggemuk. 
saya memakai salep ini jika sudah sangat menganggu kalyca (menggaruuk teruus, padahan penggarukan menyebabkan semakin parah).

sejauh ini :
saya menghindari pemberian makanan ke kalyca yang mengandung Msg (no makanan ringan, dan jajan sembarangan, bundanya aja yang bikin).
memakai sabun mandi yang sudah jelas tidak membuat kambuh (saya sih pakai produk bisnis sendiri), dan terbukti ga bikin gatel kalyca. (merk Oriflame, nama Produk Tender care, harga cek katalog #eaaa promosiii).
menghindari air terlalu panas untuk mandi (cenderung lebih dingin, karena kelembaban kulit berkurang dan kulit semakin kering).
kalau pas mulai kambuh saya mengoleskan tender care sebagai salep bantuan (makai salep dari dokternya kalau sudah parah bener, kalau mulai muncul saya oles tender care malam hari mau bobo dan sesudah mandi).
kalau pas cuaca panan (kelembaban menurun), jangan sampai kalyca sangat berkeringat. (di leher muncul kalau cuaca panas).

sejauh ini saya masih belum tahu kalyca ada alergi makanan tertentu atau tidak pencetus si eksim ini, soalnya makannya doyan dan bundanya bingung juga

#hihihisekiaan yaaaturun podium balikin toa dan mic 


---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ingin ngobrol dengan saya? follow me on twitter @elyaafifah
Ingin berteman dengan saya? add me at:


Berani Lakukan apa yang Kami Lakukan?

Isi Form di bawah ini:



Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda

0 comments:

 

Sehari-hari Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting