Tuesday 26 January 2016

Kuliah Online di Future Learn


Sudah 2 hari ini saya mengikuti kuliah online di www.futurelearn.com.
Pertamanya sebenarnya mau mengikuti IELTS preparations, kelas bahasa ini baru akan mulai besok April. Saya kira web ini hanya berisi ielts prep ini, ternyata tidak sodara-sodara.
Kursus atau kuliah onlinenya banyak materi. Ah dasar sayanya iseng, akhirnya browse seisi web.
Dan mak tring mata langsung tertuju pada kuliah online tentang Climate Change Univ of Exeter.
Kuliah akan berjalan sampai 8 minggu dimulai dari hari Senin kemarin, 25 Januari 2015.
Kalau ditanya kenapa saya mengikuti kelas ini. hmmm... kenapa ya, entah langsung kepengin ikut aja. :D


Baru pertama kali ikut kelas online "selain kelas e training via sosial media yang biasanya saya ikuti", rasanya seneng banget punya pengalaman pertama.
Kelas pertama kemarin menceritakan tentang "efek rumah kaca" atau greenhouse effect. Disana kemarin saya memutar video singkat tentang pendapat sang profesor tentang efek rumah kaca ini dan melontarkan pendapat bagaimana soal perubahan analogy.
Setiap ada kelas, para peserta di mintauntuk menuliskan komentar dan menjawab pertanyaan si prof.
Tentu saja saya menjawabnya. Bahwa analogy yang beliau lontarkan di video bisa digunakan untuk pemahaman tentang gas-gas yang menyelimuti bumi ini.
nanti saya ceritakan ya tentang video ini.

Selanjutnya ke bab pertemuan selanjutnya, disana dijelaskan bagaimana cara saya harus mengikuti kelas dan bagaimana berinteraksi dengan sesama peserta kuliah.
Naaah ini yang menarik.
Salah satunya adalah menceritakan tentang topik-topik dan bab yang baru di pelajari ke blog.

Nah inilah yang kemudian membuat saya pakai kemoceng super gede buat ngebersihin blog ini yang udah lama ga update, udah banyak debunya, jadi dibersihin pakai kemoceng deh.

Kesulitan pertama saya adalah, langsung menuangkan pemikiran dalam bahasa Inggris. Perlu belajar banyak bagaimana antara pikiran di sinkronkan dengan tangan buat nulis.
Karena biasanya saya menulis dulu pakai bahasa Indonesia baru diterjemahkan ke Inggris.

Oke ini cerita singkat saya tentang kuliah online yang sedang saya ikuti.
Next post adalah tentang "selimut bumi" yang akan mencoba saya tuang dalam bahasa inggris.
karena masih belajar, saya nulisnya bahasa Indonesia dahulu.
oke caooo...



0 comments:

 

Sehari-hari Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting