Friday 14 March 2014

Proses Kelahiran Anak Kedua

Alhamdulillah tanggal 3 Desember 2013, lahir anak kedua kami, saya dan mas budi. 
Yang baru di hari ke 21 dikasih namanya Naufal Ahza Asy-syaafi. 
Walau tante Happyka ngerequest lahir tanggal 4 Des biar samaan sama tante, si adek bayi ga mau. Hehehehe...

Sabtu, 30 November 2013.
Emaknya alias saya udah merasakan kontraksi.
Pada saat itu kami sekeluarga jalan-jalan ke selasar Kartini, mengajak birthday girl si kalyca merayakan ulang tahunnya. Di sana kontraksi sudah mulai 15 menitan sekali.
Akhirnya sepulang dari selasar Kartini, kami mampir ke RSB Mutiara Bunda.
Awalnya mau ngecek kondisi air ketuban, dan siapa tahu sudah saatnya lahir. Mengingat dulu Kalyca lahir cepat dan mudah
Kami menjelaskan soal kontraksi yang 15 menitan sekali dan kemudian bertanya dokter kandungannya ada atau tidak, eng ing eeeeng... ternyata dokternya gada. 
Beliau sedang Keluar kota dan pulang besoknya (tanggal 1).
Padahal beliau yang akan mengambil sel darah tali pusat si adek.
Jadilah kami pulang deh.
Ohya sebenarnya sih ditawarin periksa dalam, tapi karena periksa dalam bisa dilakukan sendiri yaaa saya memilih untuk engga diperiksa disana, risih euy.
Bu bidan jaga bilang "periksa Senin aja bu".
Okee siaap buuu...

Minggu, 1 Desember 2013.
Emak hamil tua ini mensugesti diri dan si adek. "dek, eh eh dek ternyata dokternya lagi pergi dek. Adek nunggu ya, bantu bunda ya, bunda yakin adek ngerti".
Daaan tarra si adek paham dan mulai mengurangi frekuensi kontraksi. 
Saya tetap kuat jalan-jalan dan bahkan lari-lari kecil main dengan ayah dan kalyca di halaman belakang.

Senin, 2 Desember 2013
Senin pagi itu akhirnya periksa lagi ke RSB. 
"udah kerasa bu?"
"udah, yaah kurang lebih 15 menitan sekali"
"minum obatnya, kalau sampai 4 jam belum kerasa nanti nambah lagi ya, nanti malam kesini"
Pada saat mengantri, saya jalan-jalan terus.
Kebetulan setelah mengantar, si ayah dipanggil ke kebun pembibitan. 
Jadinya saya pulang bersama tante ita, (Ita adek saya menjemput kalyca dulu dari sekolahnya).

Di rumah.
"mmm ini obat apa ya Yah? Kayaknya pemicu kontraksi deh, bunda minum ga yaa?"
"terserah If aja, keyakinan If gimana"
"ga mau ah kalau diinduksi, takut si adek trauma kelahiran, biari alami aja, lagian HPL juga masih tanggal 4, kelewat juga gapapa"
Telponlah saya ke bidan teman sesama AIMI, bertanya tentang obat itu.
Ya betul itu obat untuk memicu kontraksi, dan saya memutuskan untuk tidak meminumnya. Yakin aja hari ini bakal lahir.

Pagi berganti siang, dan berganti malam.
Gelombang cinta alias kontraksi mulai muncul semakin sering.
Pada saat itu yang saya lakukan adalah praktek pernafasan perut.
Hasilnya, perasaan menjadi tenang dan tidak berasa sakit.
Saya bahkan masih bisa fesbukan. 
Pada sekitar jam 9 an atau jam 10 an, saya merasa ada air merembes keluar.
Tapi sedikit.
Saya pun bertanya pada temen si fesbuk, eeh banyak yang membantu menjawab.
Jam 11 malam, saat itu saya tiduran di kasur, suami lagi asyik whatsappan malah, eh tiba-tiba ada suara "btok" seperti tulang di gemeretekkan, dan mak syoor ada air keluar dari jalan lahir.
Eng ing eng kegaduhan pun dimulai.
Suami saya panggil dan menyiapkan mobil.
Adek saya, Ita langsung saya bangunkan dan tak minta menggendong Kalyca ke mobil.
Tidak lupa ransel dan segala tetek bengek yang sudah disiapkan langsung disaut dibawa ke mobil.

Sampai di RSB, saya langsung masuk ke ruang bersalin, di cek air ketuban dan periksa dalam.
Ternyata sudah bukaan 4.
Langsung deh ganti baju melahirkan, dan pilih kamar (istilah mau paket melahirkan yang mana, dan mau nginep di kamar yang kelas berapa)

Pemeriksaan berlanjut, dari waktu kontraksi dan periksa kondisi air ketuban.
Kontraksi berlangsung 5 menitan sekali.
Dokter kandungan sudah di calling, dan siap kapan saja.
Tetapi pada saat gelombang cinta muncul saya akan tetap ditemani bu bidan sampai bukaan sempurna, dan siap lahir.

Jam 3 pagi, karena si adek bayi mongslap mangslup aja padahal dah sempurna pembukaannya.
Bu bidan bilang "mba, gimana kalau manggil dokternya aja?, kasihan ini kepala bayinya belum kelihatan juga"
Akhirnya oke lah dipanggil.
Grubyak grubyuk segala persiapan kelahiran juga yang buat ngambil sel darah tali pusat pun disiapkan.
Dokter datang dan ngecek "bayinya gede bun, berani sekarang ya bu, dibantu semuanya ya. Nanti pas saya bilang terusin ngedennya jangan berhenti pokoknya ya".
"okeeee". Saya jawab.
Pas kerasa kontraksi aku kasih tanda, dan semua sigap langsung ikut megangin kaki biar kuat.
Edun aku nahan napas ngedennya lama juga ih.
Dokternya nambah "jangan dilepas ngedennya, terusin aja bu yang kuat"
Kayaknya sampai semenit aku ngeluatin tenaga ngeden.
Akhirnya mak los keluar.
Berbeda sama kakaknya, adek langsung nangis. Setengah empat lahir deh adek Ahza.
Pas lagi diambil sel darahnya, dokter bilang "tadi tuh bu, bayinya masih di jalan lahir agak jauh, kepalanya gede".
Ah susah ngejelasinnya, gini berbeda dengan hamilnya Kalyca, pas di rahim adek Ahza ini posisine ndongkrok.
Kayak huruf b gitu jadi kepalanya ndadak kayak mbelok. Mungkin karena pas hamil Ahza aku lebih banyak duduk jarang jalan.
Dan juga karena setelah ditimbang ternyata adek Ahza 3,9 kg.
Hehehe ndut ya.

Sambil diambil sel darahnya, adek sambil IMD.
Puas sampai emaknya sendiri ketiduran.
Ohya Ahza ini ada kali setengah jam nangis. Hehehehe kaget kali ya atau ikut sedikit frustasi pas kelahiran.
Eh lupa cerita dimana mas Budi nya.

Pas dokternya datang, mas Budi keluar sebentar ga ikut disisi saya. Sebelumnya pas ditemenin bidan sih si ayah nemenin terus.
Ga sampai 10 menit dari dokternya datang ternyata dah lahir. 
Hihihi dikiranya nanti dipanggil pas dah mau lahir biar ikut megang tanganku.
Eeh ternyata ga dipanggil, jadi pas udah denger ada yang nangis baru deh masuk "yaa ketinggalan" katanya.
Mas Budi ngadzanin, nemenin IMD, trus solat dulu pas jam setengah lima, trus nemenin lagi.

Alhamdulillah pengambilan sel darah tali pusatnya lancar. 
Kata mba Novi "agen" nya, sel darahnya kentel jadi biasanya sel puncanya nanti bisa banyak.
Walau belum tahu nanti berguna atau tidak, tapi gada salahnya disimpan.
Semoga membuat kemudahan buat Ahza sendiri dan saudaranya.

I love you my boy.

Ah ini kilas baliknya.
Draft ini udah lama banget di sini akhirnya tayang juga.
Pyuuuh leganya.



0 comments:

 

Sehari-hari Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting